Senin, Maret 23, 2009

Travelling

Fiuh... baru hari ini aku mulai masuk kantor n kerja lagi.. ceritanya begini, hari rabu minggu kemaren kan aku jadwal piket.. nah kebetulan pas piket itu aku ndak tidur karena sesuatu yang mengharuskan aku untuk ndak tidur, nah di kamis paginya aku di diberi tahu sama bos kalo sore ini aku mesti berangkat ke jakarta untuk suatu urusan, jadi intinya aku buat nemenin si bos aja.. kamis sore jam 5 kami bertiga aku, bos ma satu staff kantor laen nya berangkat meninggalkan jogja menuju jakarta naek mobil si bos.. perjalanan lancar" aja sampe di daerah pantura jalanan tiba" macet karena lagi ada perbaikan jalan.. gila masak iya jalan utama bisa separah itu ancurnya.. jalan berlubang di mana", banyak sopir bus yang ugal"an maen sodok sini sana.. wew.. tambah stress jadinya.. jadi prihatin ngeliat kondisi infrastruktur jalan kek gitu.. emang orang sekarang doyan makan aspal juga yak.. wew..

Setalah kurang lebih 2 jam berdesak-desakan dan bermacet ria kami pun melanjutkan perjalanan sebelum akhirnya berhenti di sebuah SPBU untuk istirahat.. setelah istirahat 2 jam kamipun melanjutkan perjalan kebarat mencari kitab suci :P.. jam 10 siang kami dah mlae masuk di jakarta..

Berbekal peta saku kami pun mlae melintasi rame nya jalanan ibukota.. hmm.. jakarta.. kota penuh dengan para buruh.. yang setiap hari sibuk mencari nafkah.. mengadu nasib di kejamnya ibukota.. wew.. jadi inget pas dulu aku tinggal di jakarta juga.. ndak banyak berubah seh.. masih semrawut aku pikir.. tapi herannya napa setiap tahun makin banyak aja orang yang datang ke kota ini.. ah sudahlah.. biarlah jakarta menjadi urusan mereka.

Jam 11 kami nyampe tujuan.. cape semua badan neh.. tapi seneng juga dah mpe tujuan dengan selamat walo agak telat juga seh.. setelah seharian menghadiri agenda utama ke jakarta itu.. sorenya kami langsung bertolak ke jogja lagi.. jam 5 sore kami berangkat namun kali ini ndak lewat jalan pas berangkat.. melainkan lewat bandung karena ada sedikit urusan di kota itu.. kebetulan hari itu jum'at jadi banyak orang mudik dari jakarta ke bandung.. wew.. sama aja kejebak macet lagi.. tapi masih agak mendingan dari pada pas perjalanan berangkat.. jam 10 malam kami nyampe di kota bandung.. singgah sebentar di family si bos for take a rest.. setelah seger badan ne.. kami pun lanjutkan perjalanan kami.. banyak hal yang kami temui di perjalanan itu.. kamipun banyak cerita selama perjalanan.. jam 3 dini hari kami dah masuk perbatasan jateng-jabar.. setelah melewati hutan rimba nan gelap dan jalan yang ndak bagus lagi.. kami berhenti di sebuah tempat makan "mergo sari" kalo ndak salah.. disitu ada makanan yang masih terasa rasa sunda nya bos ku bilang.. tapi emang dasar aku orang yang katro ato gimana.. aku ndak ngerasa enak nya dari makanan itu.. lebih enak nasi kucingnya mas sam deket kosku .. hehe.. setelah makan kami lanjut kan perjlanan.. jam 6 pagi kami masuk di kota purbalingga di tempat bosku.. fiuh.. mata ini dah ndak bisa buat melek lagi.. kek di kasih beban ber kilo kilo.. nyampe tempat itu aku juga lom bisa buat tidur ato sekerdar merem buat istirahatin mata ini.. mana kaki kiriku serasa mo copot gara" nginjek kokpling semaleman.. hiks :(

Setelah urusan bos selesai kira" jam 11 sian kami berangkat ke jogja dari purbalingga.. aku pun ndak tau lagi perjalanan kali ini.. soalnya aku dah tewas di jok belakang mobil bosku.. tau tau bangun dah di parkiran kantor :D mana ujan lagi.. mata juga maseh males buat di buka.. hiks.. pengen buru" pulang ke rumah tapi masih ujan .. wew, akhirnya ngeroko sembari nunggu ujan reda.. jam 5 sore aku pulang sambil ujan"an.. bisa ngebayangin ndak seh pas badan kita cape tiga hari tiga malem ndak tidur trus masih ditambah ke ujanan.. wew.. nyampe rumah jam 6 langsung KO bangun dah hari minggu pagi... hiks..

Btw.. ternyata asik juga traveling .. meski cape tapi tetep nyenengin juga.. ok that's all cerita kali ini.. masih sisa neh cape nya..

Baca Selanjutnya »»

Rabu, Maret 18, 2009

IMAP vs POP3


Beberapa hari terkahir ini aku di pusingken dengan klien yang mempunyai masalah dengan emailnya.. jadi si klient tersebut ndak bisa narik/kirim email melalui outlook ekpress nya.. pertama di pake IMAP malah ndak bisa, akhirnya pake POP3 berhasil.. tapi anehnya ketika donlot email.. yang ke donlot hanya email lama yang di server email itu sendiri sudah tidak ada alias di hapus...wew.. cape deh.. :( udah di coba donlot mpe habis trus mlai donlot lagi aku pikir setelah sukses donlot yang lama pasti dia ntar donlot yang baru.. eh ternyata tetep aja ndak bisa.. n tetep donlot email yang lama itu.. wee.. akhirnya mpe kantor masih di coba-coba lagi.. lihat ini itu.. cari-cari jalan kluarnya.. trial error lagi.. akhirnya setelah aku setting outlook tersebut pake IMAP dia bisa donlot email yang baru juga.. nah itung-itung buat dokumentasi saya pribadi.. ini ada beberapa tulisan yang aku dapet dari beberapa blog yang berhubungan dengan masalah ini, smoga aja bermanfaat..


IMAP (Internet Message Access Control)
Adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. IMAP adalah protokol baru yang ada di System Email baru kita, selain protokol POP3 yang sudah ada sebelumnya.

kelebihannya :
- Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di
server
- E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga
e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.

kekurangan :
- Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.

POP3(Post Office Protocol)
Merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.

Kelebihan :
- Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak
harus terkoneksi ke internet).
- Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima
dapat dikurangi.
- Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
- Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.

Kekurangan :
- Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan
lain-lain.
- Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak
bisa mengecek e-mail Anda dari sembarang tempat.


Dari keterangan di atas jelaslah bahwa perbedaan yang paling significant antara IMAP dan POP3 adalah kemampuan IMAP untuk melakukan sinkronisi Folder dan Rule terhadap Webmail.
Jika anda adalah orang yang suka traveling dan membuka email tidak selalu dengan notebook anda maka IMAP adalah pilihan yang tepat (meskipun demikian anda harus perhatikan masalah delay dan penghapusan email secara permanent yang memerlukan perintah "Purge Deleted Messages"). Kemampuan IMAP dalam hal membuat Rule/Filter langsung di server sangat membantu traveling-user dalam mengorganisasikan emailnya. Jika anda tidak memerlukan fitur IMAP tersebut, maka POP3 adalah pilihan yang tepat.
Jika anda lebih banyak menggunakan notebook sendiri maka pilihlah POP3 sebab lebih cepat dibandingkan IMAP dan lebih enak untuk membaca email ketika anda offline.
kalo bingung pake aja POP3 :D sekian.. semoga bermanfaat




Baca Selanjutnya »»

Minggu, Maret 15, 2009

Kerja yuk...


Hari Minggu ini aku mesti masuk piket pagi dari jam 09.00 mpe jam 17.00, sebenernya minggu ini aku bisa libur seh.. cuma kebetulan hari kamis minggu kemaren aku ndak bisa masuk piket karena suatu alasan.. yaw dah akhir setelah ngobrol ma teman bisa juga barter alias tukeran jadwal piket. Jadi deh kerja di hari minggu, hm... biarin lah.. kalo pun ndak piket paling aku ngisi liburan dengan ngobrol nongkrong ma temen".. ntar abis pulang kerja aku juga bisa ngobrol ma mereka.. hehehe :D

kerja kalo di niati dengan ibadah pasti akan terasa nikmat.. ya.. pandae bersyukur aja atas apa yang telah kita dapati dan kita kerjakan.. :D ok... semangat....

Baca Selanjutnya »»

Kamis, Maret 12, 2009

Aku benci saat-saat itu...


          Pagi ini jam 04.30 bagi kami terbangun.. yah.. pagi ini adalah saat dimana dia kembali pulang setelah satu minggu penuh (5-12 maret 2009) dia menghabiskan waktu di tempatku.. bersamaku.. ya Tuhan... begitu cepat tak terasa seminggu kami dah habiskan waktu bersama.. bercanda.. bicara.. ketawa.. akhirnya hari ini kami mesti berpisah.. aku harap untuk sementara saja.. karena masih banyak yang ingin kami lakukan bersama di masa depan... rencana dan impian kami di masa depan.. aku yakin jalan masih teramat jauh.. banyak juga rintangan menhadang depan yang siap mengjungkalkan langkah kami.. tapi semoga saja kami masih bisa kuat menjalani semua ini..

          Jam 04.49 kami bergegas untuk berangkat ke bandara.. di depan sudah menunggu ayah.. ibu.. dan kakak hanya untuk ngucapin selamat jalan padanya.. memang selama dia hadir di keluarga kami.. dengan gampang nya dia merebut hati setiap keluargaku... apalagi ke ponakan"ku yang masih kecil.. mereka begitu akrab kepadanya... pagi itu dingin mencucuk tulang... bening embun pagi memburamkan kaca mobil kami.. segarnya udara pagi membuka mata kami yang masih malas.. mobil melaju kencang mengingat kami ternyata bangun telat.. satu persatu belokan kami lewati.. seiring sang surya menampakan sinarnya dan memancarkan kehangatan pada seisi alam... dalam perjalanan hati ini berkecamuk... pikiranku melayang membayangkan aku akan kehilangan seseorang yang membuat hidupku terasa indah dan bermakna seminggu terakhir ini.. aku takut aku tak pernah bisa melihat, bertemu dan menyentuhnya lagi.. bibir kami pun terdiam membisu seribu bahasa..

          Lampu lalu lintas terakhir pun nampak di depan mata kami.. tinggal satu belokan lagi maka kami kan sampe di bandara Adi Sucipto.. tempat yang mempertemukan sekaligus memisahkan kita.. jantung ini semakin bergetar kencang.. hati ini tak karuan lagi.. waktu menunjukkan pukul 05.00 saat itu.. ku pegang erat tangannya seakan tak kan pernah aku rela melepasnya.. air mata ini air mata cinta.. aku ingat ada temen yang pernah bicara "bahwa air mata cinta membawa kebahagiaan".. waktu semakin dekat dengan perpisahan.. saat ku kecup lembut keningnya dan saat aku harus lepaskan lembut jemarinya.. aku benci saat saat itu.. saat harus melepaskan orang yang kita sayangi.. :(( tapi.. aku berjanji.. suatu saat nanti aku pasti akan berjumpa kembali denganya.. tuk membawa dia pulang dan merangkai mimpi - mimpi kami bersama.. semoga..
amin...

dek.. thank's for giving me the best moment in my life..

Baca Selanjutnya »»

Sabtu, Maret 07, 2009

Getting Old


26 tahun dari malam ini pukul 00.00 nanti... aku di lahirkan di dunia ini.. yah.. tanpa terasa waktu berjalan cepat menggerogoti hidup kita.. kira" apa aja yang sudah aku lakukan selama waktu hidup ku ?? aku merasa belum melakukan sesuatu yang bener" membuat aku merasa menjadi seorang manusia yang berguna bahkan untuk diriku sendiri.. do'a dan harapan yang sama selalu aku panjatkan pada Allah setiap aku berulang tahun.. do'a untuk semua kebaikan di sisa umurku nanti.. tak lupa kadang terselip target dan rencana setahun kedepan di sela do'a itu..

Akhirnya bertambah juga usia ini.. aku ngerasa hari ini selayaknya hari" biasa saja.. setiap saat aku selalu bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan pada ku.. atas semua yang ada pada ku ini.. satu kado terindah yang pernah aku terima sepanjang hidup ku ini adalah yosi syafninella.. thank's for all C.. semoga mimpi kita kan menjadi nyata... amin... I Love You...

Baca Selanjutnya »»

Rabu, Februari 11, 2009

Free Cost from Mom


Ini adalah mengenai Nilai kasih Ibu dari Seorang anak yang mendapatkan ibunya sedang sibuk menyediakan makan malam di dapur. Kemudian dia menghulurkan sekeping kertas yang bertulis sesuatu. Si ibu segera membersihkan tangan dan lalu menerima kertas yang dihulurkan oleh si anak dan membacanya.

OngKos upah membantu ibu:
1) Membantu Pergi Ke Warung: Rp20.000
2) Menjaga adik Rp20.000
3) Membuang sampah Rp5.000
4) Membereskan Tempat Tidur Rp10.000
5) menyiram bunga Rp15.000
6) Menyapu Halaman Rp15.000
Jumlah : Rp85.000

Selesai membaca,

si ibu tersenyum memandang si anak yang raut mukanya berbinar-binar. Si ibu mengambil pena dan menulis sesuatu dibelakang kertas yang sama.

1) OngKos mengandungmu selama 9 bulan - GRATIS
2) OngKos berjaga malam karena menjagamu - GRATIS
3) OngKos air mata yang menetes karenamu - GRATIS
4) OngKos Khawatir kerana selalu memikirkan keadaanmu - GRATIS
5) OngKos menyediakan makan minum, pakaian dan keperluanmu - GRATIS
Jumlah Keseluruhan Nilai Kasihku - GRATIS

Air mata si anak berlinang setelah membaca. Si anak menatap wajah ibu, memeluknya dan berkata, “Saya Sayang Ibu”.Kemudian si anak mengambil pena dan menulis sesuatu didepan surat yang ditulisnya: “Telah Dibayar”.

Sumber

Baca Selanjutnya »»

Selasa, Februari 10, 2009

Kebodohan-kebodohan yang mendasari penggunaan booster




By Pudjo Mulyono

Bp Pujo Mulyono ini adalah seorang aktivis dan pemerhati masalah IT khususnya dunia wireless dan networking dari Malang.Beliau punya opini bahwa penggunaan Booster adalah solusi yang bodoh, kenapa demikian? Simak yukkkk!!!!

Analogi

Komunikasi radio, khususnya wifi, nggak ada bedanya dengan kita berkomunikasi sesama manusia dalam kehidupan sosial yang sebenarnya. untuk berbicara diperlukan mulut (tx power + antena gain), untuk mendengar diperlukan telinga
(rx sense + antena gain). Ukuran mulut dan ukuran telinga sama dgn Antena gain
intensitas suara yang keluar dari mulut sama dengan tx power
kepekaan suara yg ditelinga sama dgn rx sense

Masalah dan Solusi

Masalah real 1 : banyak halangan Line Of Sight sehingga intensitas sinyal
diterima menjadi lemah, solusi bodoh PASANG BOOSTER!
Solusi real 1 : Buatlah tower sehingga halangan Line of Sight bisa
diminimalisir, sehingga komunikasi bisa lancar

Analogi 1 : anda berbicara dengan tetangga sebelah rumah, tapi nggak mau keluar
ruangan dan memilih teriak-teriak dari dalam kamar, jika lawan bicara anda juga
berada dalam kamar dan memilih teriak-teriak juga, apakah tidak membuat
tetangga terganggu? tetangga yang marah bisa saja mendatangi anda sambil
menghadiahkan bogem mentah. tentu akan lebih baik jika anda melongok melalui
jendela dan berbicara dengan tetangga sama sama dari jendela bukan?


Masalah Real 2
==============
Signal wifi diterima cukup bagus, tetapi komunikasi data rusak, hal ini
disebabkan interferensi yang terlalu tinggi sehingga signal milik banyak pemain
wifi saling tumpang tindih, saling injak, mirip dengan istilah “jamming� atau
“jim jiman� yang digunakan para Breaker di ORARI. Solusi Bodoh, PASANG BOOSTER!
karena punya anggapan bodoh bahwa siapa yang paling kuat sinyalnya dia lah yang
akan menang.

Solusi Real 2
==============
Tumpang tindihnya signal wifi bisa diminimalisir dengan cara merubah polarisasi
antena. terdapat empat polarisasi antena yang bisa digunakan yaitu : vertikal,
horisontal, miring 45 derajat (kiri) dan miring 45 derajat (kanan). Dan carilah
channel wifi yang paling bersih memalui uji traffic di setiap channel, pilihlah
yang bisa dilalui traffic data paling besar dengan packet loss paling rendah.

Masalah Real 3
==============
Hotspot user semakain bertambah (mekar) dan beberapa user lama mulai drop
sinyalnya, dari semula sinyal strength/quality diterima bagus menjadi turun
10-50%, pindah pindah channel pun tidak mengatasi masalah, user mulai komplen
dah, yang punya hotspot jadi puyeng dan mengambil solusi bodoh PASANG BOOSTER!

Solusi Real 3
==============
memang benar, bahwa seiring bertambahnya waktu dan bertambahnya user akan ada
penurunan signal strength dan signal quality, selain karena disebabkan
penambahan client juga disebabkan semakin banyak pemakai wifi. solusinya yang
tepat adalah mengunakan 3x sectoral 120 derajat dengan 3 access point yg
bekerja pada ch 1,6,11. dengan penggunaan sectoral akan memperkuat jangkauan
(otomatis signal strentg/quality juga naik), atau mulai memindahkan dedicated
user ke dari semula PTMP menjadi PTP

Masalah Real 4
===============
User terlalu banyak, channel yang tersedia di 2.4 terlalu sedikit, hampir atau
bahkab semua channel sudah dipakai (faktanya hanya 3-4 channel yg bener2 tdk
saling mengganggu, yang lain semua overlapping frekuensinya) sehingga
interferensi di tower sendiri pun banyak. Solusi bodohnya : Beberapa pelanggan
yang mengeluhkan gangguan link dicoba diatasi dengan memasang booster!

Solusi real 4
=============
Bermodalkan GPS kita bisa mendapatkan data mengenai : koordinat lokasi
pelanggan dan jarak dari tower NOC. Lalu bikin tabel user yang isinya : nama
user, derajat (jika ditembak dgn kompas), jarak dari tower, channel yg
digunakan, bandwith yang dialokasikan.

Lalu kita bikin diagram berbentuk lingkaran, dengan titik pusat lingkaran
adalah Tower, bikin kontur lingkaran untuk jarak, misal 1km, 2km, 3km dst…
lalu dengan menggunakan busur kita petakan lokasi user dan ditarik garis dari
titik pusat. Gunakan warna-warna yang berbeda untuk membedakan user pada garis
yang hampir berhimpitan.

Nah, dari diagram tersebut kita bisa tahu kepadatan user dan signal beamnya.
berdasarkan diagram tersebut kita bisa melakukan langkah-langkah untuk
melakukan tindakan :

1. User yang arahnya sama, jika menggunakan PTP bisa digabung menjadi satu,
khususnya jika bandwithnya tidak terlalu besar, maka bisa digabungkan dalam
satu Access Point

2. sesuai no.1 jika user tersebut memerlukan bandwith yg besar dan
masing-masing tetap menggunakan PTP maka pilihlah channel yang tdk saling
overlapping

3. sesuai no.2 jika menggunakan ch yg saling overlapping, maka gunakan
polarisasi antena ptp yang berbeda utk meminimalkan interferensi.

4. user yang arahnya saling bertolak belakan 180 derajat jangan menggunakan
channel yg sama/overlapping

5. sesuai no.4 jika terpaksa overlapping maka gunakan polarisasi antena yang
berbeda

6. prioritaskan user yang memerlukan bandwith besar (misal 512kbps) dari
gangguan interferensi dengan cara membebaskan channel dari digunakan user lain
di tower yg sama.

7. gabungkan user-user kecil dalam satu acess point, jika beamnya berhimpitan,
maka gunakan antena grid, tapi jika beamnya cukup lebar maka gunakan antena
sectoral.

Masalah
=======
anda pusing, salah satu client anda bermasalah, dari sejak awal instalasi
selalu saja ada packet loss, latency gede, padahal signal bagus, tapi data
lewat rusak. ada apa gerangan? karena sdh kehabisan cara, anda ambil solusi
bodoh pasang booster dengan harapan masalah bisa diselesaikan.

solusi
=======
coba anda perhatikan di sisi client, adakah medan listrik/elektromagnetik yang
cukup besar? apakah client anda lokasinya berdekatan dgn Saluran Listrik
tegangan Tinggi? apakah monitor komputer di tempat pelanggan anda bergoyang?

Data akan mengalami distorsi cukup hebat jika terjadi interferensi dari medan
listrik. jangankan signal radio, packet data lewat kabel UTP saja bisa rusak!

Khusus untuk peralatan radio yang ditempatkan berdekatan dgn medan listrik
tinggi, lakukan hal sebagai berikut :

1. groundingkan tower
2. gunakan box logam yg tergrounding dengan baik (terhubung ke tower yg sdh ada
ground-nya)
3. jika tower/box tdk punya ground, bungkus radio dengan aluminium foil dan
sambungkan dengan body konektor pada radio wifi anda.
4. gunakan kabel STP (jangan UTP) untuk meredam interferensi pada kabel
5. untuk tower yang tidak diground (grounding penangkal petir ada, tapi
terisolasi dengan tower) maka sambungkan tower anda dengan ground. biasaya
tower yang dibikin di ruko tdk digrounding dengan baik.

khusus utk meredam gangguan medan listrik di peralatan komputer dalam ruangan
lakukan langkah sbb :

6. pasang shield di sisi bangunan yang menghadap dengan kabel listrik tegangan
tinggi. shield disini berbentuk sangkar/jeruji yang digroundkan untuk meredam
gangguan medan listrik pada gedung
7. gunakan atap seng yang digroundkan, fungsinya utk shield juga

attention buat yg mau buka warnet/kantor yang berbasis pada teknologi IT :

“hindari bangunan yang berdekatan langsung dengan Saluran Tegangan Tinggi�

Last edited by KatjangIdjo (07-04-2008 15:48:20)

Sumber

Baca Selanjutnya »»

Jumat, Januari 16, 2009

Better Man



Artist: Robbie Williams

Send someone to love me
I need to rest in arms
Keep me safe from harm
In pouring rain

Give me endless summer
Lord I fear the cold
Feel I’m getting old
Before my time

As my soul heals the shame
I will grow through this pain
Lord I’m doing all I can
To be a better man

Go easy on my conscience
’cause it’s not my fault
I know I’ve been taught
To take the blame

Rest assured my angels
Will catch my tears
Walk me out of here
I’m in pain

As my soul heals the shame
I will grow through this pain
Lord I’m doing all I can
To be a better man

Once you’ve found that lover
You’re homeward bound
Love is all around
Love is all around

I know some have fallen
On stony ground
But love is all around

Send someone to love me
I need to rest in arms
Keep me safe from harm
In pouring rain

Give me endless summer
Lord I fear the cold
Feel I’m getting old
Before my time

As my soul heals the shame
I will grow through this pain
Lord I’m doin’ all I can
To be a better man




Baca Selanjutnya »»

Kamis, Januari 15, 2009

Sore itu


Hari itu mendung menggayuti langit jogja.. rintik air gerimis membasahi jalanan yang mlai rame oleh para buruh yang pulang dari kantornya.. udara dingin mecucuk sampe tulang.. tapi aku tetap tak peduli.. aku masih saja melaju dan terus melaju dengan matic-ku, membelah gerimis dan gelapnya jogja demi sebuah kebasasan, beban yang beberapa hari ini mengganggu pikiranku.. satu persatu lampu lalu-lintas aku lewati, belokan demi belokan aku lewati.. air hujan terasa dingin mulai masuk membasahi tubuhku yang hanya berselimut blazer tipis.. pikiranku melayang entah kemana rimbanya.. hari itu aku laksana terbang tanpa tujuan pasti.. aku pengen pergi..!! sampe di sebuah lampu lalulintas terakhir detak jantung ini berdebar kian kencang.. kalut.. kebimbangangan datang.. tapi semua itu tertepiskan smuanya oleh rasaku..

Kuberanikan diri.. kupakasa hati ini untuk menemui sesosok yang selama ini menempati sisi di hatiku.. dengan galau aku melahkan kaki mendekatinya... dekat sekali.. terlihat murung menhiasai wajah manisnya.. tatapan mata itu begitu tajam menusuk menembus dada ini.. ya Tuhan.. apa yang akan terjadi.. sejenak kami pun terdiam membisu walo ku tau pasti begitu banyak kata yang harusnya keluar.. tapi lidah ini kelu menggigil sore itu.. yah, aku merasakan hal itu lagi.. rasa yang lama tak kutemui.. kami pun mlai berbicara hal yang ndak penting banget.. mencoba menghidupkan suasana, kutarik nafas panjang... aku yakinkan diri ini.. aku kuatkan hati ini.. dan benar, apa yang sudah kuduga jauh sebelumnya.. kata itu terucap sudah.. bagaikan petir yang menyambar jiwa ini.. smua ini benar terjadi.. i know it, ndak ada satu pun yang bisa aku lakukan, aku hanya bisa terdiam dan terdiam.. kutatap langit yang masih gelap oleh mendung.. aku pun beranjak kembali.. pergi meninggalkan tempat itu.. meninggalkan smuanya.. tanpa sisa, tanpa menoleh.. air hujan tak terasa dingin lagi di tubuhku.. seakan langitpun ikut merasakan smua ini.. penyesalan begitu dalam kurasa.. puluhan kata maki keluar dari mulut ini di sore itu.. tapi semua itu tidak kan pernah merubah smua ini... hanya sesal yang tersisa.. sore itu.. di kota ini.. bersama hujan.. kulepaskan semua beban ini.. kutinggalkan semua yang menggayut di pundak ini.. ku hanya ingin esok lagit cerah tanpe mendung lagi.. di kota ini.. yah.. semoga...

Baca Selanjutnya »»

Selasa, Januari 13, 2009

Bahasa walikan jogja



Kalian pasti dah pernah denger kata "dab, dagadu, panyu, nyothe" dan sebagainya... itu adalah kata-kata dalam bahasa prokem khas jawa.. atau mungkin ada pernah di sapa dengan kaliamat ini..

" hie dab nyasaye ?"

yang dalam bahasa jawa normal dan terjemahan bahasa Indonesia berarti :

" pie masa kabare ? " Bahasa Indonesia "Gimana Masa Kabarnya ? "

Bahasa ini sering di sebut dengan bahasa prokem atau jawa walikan khas jogja...
rumus untuk menggunakan bahasa prokem jawa walikan ini adalah sebagai berikut :
Susunlah deretan aksara jawa menjadi 2 bagian seperti pada gambar diatas ... misalkan kata "mangan" terdiri dari 3 huruf atau akasara dalam bahasa Jawa yaitu, "Ma", "Nga dan "Na".. Selanjutnya di cari huraf atau aksara kebalikannya, kebalikan dari "Ma" adalah "Da", kemudian kebalikan dari "Nga" adalah "La" dan kebalikan dari "Na" adalah "Dha" sebagai huruf "N" di akhir kata... maka hasilnya kata "Mangan" setelah dibalik menjadi "Halad". Begitu pula dengan kata "dab" sebagai sapaan anak-anak Yogya bisa bermakna sapaan "Mas" (kakak laki-laki) atau bisa juga untuk menyapa teman akrab, kebalikan "Ma" yaitu "Da" dan huruf "S"(sa) kebalikannya adalah "B"(ba).

Memang agak sulit untuk mempelajari bahasa prokem walikan ini, apalagi yang belum terbiasa dengan bahasa jawa normal... namun jangan khawatir, sekarang sudah ada website yang memberikan kemudahan untuk mentranslit bahasa dari bahasa jawa ke bahasa prokem walikan... silahkan kunjungi link di bawah ini
sandalian

selamat mencoba... terimakasih ... :D

Baca Selanjutnya »»